Daffa Althof Penggila Teknologi sejak masih kecil

Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Cek Ketersediaan Domain

3 min read

Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Cek Ketersediaan Domain

Memahami Cara Kerja Hingga Cara Cek Ketersediaan Domain

Pengelola website tentu sangat akrab dengan apa yang disebut domain. Bagi Anda yang baru mulai terjun ke dunia ini, domain mungkin masih terasa asing. Padahal, pemahaman mengenai domain perlu dikuasai agar pengelolaan website menjadi lebih optimal. Berikut akan dibahas apa itu domain, seperti apa cara kerjanya, serta bagaimana cara untuk cek ketersediaan domain.

Pengertian

Secara mudah, domain dapat kita artikan sebagai alamat fisik. Setiap website yang ada, membutuhkan sebuah alamat fisik agar bisa diakses oleh orang lain. Alamat inilah yang disebut dengan domain. Seperti fungsi alamat pada umumnya, domain akan mengarahkan para pengguna untuk menuju ke website yang dimaksud. Dengan begitu akses akan lebih mudah dilakukan oleh siapa saja.

Sebuah website terdiri dari dua elemen yang sangat penting yaitu domain dan web server. Web server merupakan mesin fisik yang akan melakukan penyimpanan file serta database dari website agar bisa ditampilkan kepada pengunjung. Sementara itu nama domain merupakan nama yang diketikkan oleh pengguna lewat kolom pencarian saat akan membuka website tersebut.

Pengertian tersebut harus dipahami dengan baik sebelum Anda masuk ke bagian cara cek ketersediaan domain untuk website Anda. Berikut adalah beberapa poin yang dapat mempermudah Anda untuk memahami lebih baik apa itu pengertian dari domain.

  1. Dapat diasumsikan sebagai alamat dari sebuah tempat yang ada di internet (website).
  2. Terdiri dari dua bagian yaitu nama website itu sendiri dan ekstensi nama domain seperti .com, .org, dan lain sebagainya.
  3. Alamat ini bertugas penting dalam memberikan arah kepada pengunjung agar bisa masuk ke dalam website yang tepat.
  4. Nama-nama alamat ini akan dikelola oleh ICANN.
  5. Perlu dilakukan cek ketersediaan domain sebelum melakukan registrasi agar lebih efektif dan efisien.
  6. Nama domain ini dapat ditransfer dari provider yang satu ke provider yang lain.

Cara Kerja 

Setelah memahami pengertiannya, maka Anda juga harus tahu seperti apa cara kerjanya. Secara garis besar, domain merupakan sebuah shortcut yang akan memberikan kita arah menuju website yang kita inginkan. Disebut shortcut karena domain ini akan mengarahkan langsung ke server untuk mengonlinekan website yang kita maksud.

Tanpa nama domain, kita bisa saja masuk ke website namun dengan memasukkan alamat IP. Namun, tahukah Anda bahwa alamat IP sangatlah panjang dan tentu tidak akan efektif bagi para pengunjung jika harus memasukkannya saat akan browsing. Selain terlalu lama untuk dimasukkan, alamat IP ini juga sangat sulit untuk diingat sehingga tidak akan berjalan secara efektif dan efisien.

Berikut adalah efektivitas penggunaan domain bagi para pengelola sekaligus pengguna website yang perlu Anda ketahui:

  1. Kemudahan Iklan

Anda tentu ingin website yang dikelola bisa dikenal dan diakses oleh banyak orang. Untuk itu diperlukan iklan agar website tersebut semakin dikenali oleh pengguna internet. Alamat domain akan mempermudah Anda untuk mengiklankan website tersebut. Coba bayangkan, betapa sulitnya mengiklankan website menggunakan alamat IP yang terlalu panjang dan sulit untuk diingat.

  1. Fitur Redirect

Para pengguna layanan domain juga bisa menikmati fitur redirect. Fitur pengalihan ini sangat memudahkan para pengunjung untuk datang ke website Anda. Misalnya pada saat pengguna salah memasukkan alamat website ke kolom pencarian. Secara otomatis kesalahan tersebut akan dikenali dan dialihkan menuju alamat website milik Anda yang benar.

Selain itu, fitur ini juga akan memudahkan Anda untuk mengatur apakah pengunjung dapat dialihkan ke situs lain saat masuk ke alamat Anda atau tidak. Ini menjadi salah satu strategi efektif untuk melakukan campaign sehingga pengunjung bisa langsung diarahkan ke website yang diinginkan.

Membeli Domain

Setelah mengetahui pengertian dan betapa pentingnya peran domain, maka segera persiapkan diri Anda untuk segera membeli domain. Saat ini ada banyak pilihan tempat beli domain yang menawarkan layanan terbaik. Perlu diketahui bahwa penting sekali untuk memilih dengan cermat dimana tempat beli domain terbaik dan terpercaya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat Anda akan membeli domain:

  1. Cek Ketersediaan Domain

Ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan oleh Anda. Penting sekali untuk memeriksa apakah domain yang Anda inginkan tersedia dan bisa digunakan atau tidak. Lalu, seperti apa cara memeriksa apakah domain yang diharapkan tersedia? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Gunakan fitur pencari domain.
  • Masukkan nama domain yang Anda inginkan.
  • Jika nama domain tidak tersedia maka Anda bisa mendapatkan opsi nama domain lain sebagai alternatif.
  1. Mencari Provider

Selanjutnya Anda bisa segera mencari provider yang berkualitas dan terpercaya untuk melakukan pembelian domain. Perlu diketahui bahwa setiap provider bisa saja menerapkan sistem yang berbeda. Registrasi domain bisa dilakukan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh provider yang Anda pilih. Cari referensi sebanyak mungkin agar Anda bisa menemukan provider yang terpercaya.

  1. Pembayaran

Setelah melakukan cek ketersediaan domain dan menemukan tempat beli domain yang tepat maka Anda bisa segera membeli nama domain tersebut. Proses registrasi dan pembelian tentu tergantung pada prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak provider. Setelah melengkapi prosedur tersebut maka Anda bisa segera melakukan pembayaran agar nama domain bisa segera digunakan. 

  1. Verifikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi nama domain yang sudah Anda registrasikan. Setelah proses verifikasi berhasil maka Anda bisa segera menggunakan  dan mengakses website Anda. Alamat domain juga bisa segera dibagikan kepada orang lain untuk meningkatkan angka pengunjung serta popularitas dari website yang Anda kelola. 

Kini website Anda sudah memiliki nama domain yang terdaftar dan terverifikasi. Pengunjung website sudah bisa dengan mudah melakukan akses ke website yang Anda kelola.

Pentingnya Menentukan Nama Domain

Kini Anda sudah mengetahui pengertian, cara kerja, memastikan ketersediaan domain, sekaligus cara pembeliannya. Nama domain bisa disebut sebagai poin penting yang akan sangat berpengaruh pada popularitas website yang Anda kelola. Itulah mengapa proses penentuan dan pembelian domain perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Jangan asal pilih alamat karena bisa merugikan diri sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang penting sekali untuk diperhatikan saat menentukan nama domain:

  1. Domain adalah brand yang akan Anda kenalkan kepada masyarakat sehingga pastikan untuk memilih nama yang unik dan punya value tersendiri.
  2. Keep it simple dengan memilih nama domain yang sederhana dan mudah untuk diingat.
  3. Pilih ekstensi domain yang paling umum digunakan agar memudahkan orang lain untuk mengingat dan masuk ke website Anda.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai domain dan cara pembeliannya. Pastikan untuk cek ketersediaan domain terlebih dahulu demi memastikan bahwa alamat yang akan Anda pilih bebas dan aman untuk digunakan. Setelah website bisa diakses dengan lancar, kelola dengan sebaik mungkin agar mendatangkan hasil yang optimal. 

Daffa Althof Penggila Teknologi sejak masih kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *