Daffa Althof Penggila Teknologi sejak masih kecil

Cara Stitch Video TikTok

2 min read

Cara Stitch Video TikTok

Demi memanjakan para pengguna setia dan menggaet pengguna baru, sudah menjadi kewajiban bagi aplikasi media sosial seperti TikTok untuk terus menghadirkan fitur-fitur keren. Dan salah satu fitur signature dari TikTok yang menarik adalah Stitch.

Lantas, apa sih sebenarnya Stitch itu dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya dari ToChangeIT.com berikut ini.

Apa Itu Stitch di TikTok?

Stitch TikTok adalah

Stitch adalah fitur TikTok yang berfungsi untuk mengutip video orang lain dan menggabungkannya dengan video yang kamu rekam.

Melansir dari laman resmi TikTok Newsroom, Stitch memberikan kamu kemampuan untuk memotong dan mengintegrasikan klip dari video pengguna lain ke dalam video kamu sendiri.

Mirip-mirip seperti Duet, fitur yang dirilis pada tanggal 4 September 2020  ini bisa menjadi media untuk menafsirkan ulang, memberikan reaksi, atau membangun cerita atas sebuah video.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua durasi atau adegan dari video orang lain bisa kamu kutip. TikTok memberikan batasan durasi hanya 5 detik pada video yang dikutip dan dibuat Stitch.

Selain itu, kamu juga tidak bisa melakukan Stitch pada semua video yang ada di TikTok. Karena sama seperti dengan fitur Duet, setiap pengguna berhak mengatur perizinan apakah video mereka bisa di-Stitch atau tidak.

Tidak hanya itu, TikTok juga memungkinkan pengguna untuk mengatur izin Stitch secara individual pada masing-masing video sebelum diunggah.

Namun sayangnya, jika ada orang yang download video TikTok Stitch kamu menggunakan tools TikTok downloader kemudian menyimpannya di perangkat mereka dan membagikan ulang, kemungkinan besar kamu sama sekali tidak akan mendapatkan credit atau watermark.

Kemudian jika ada video kamu yang dibuat Stitch-nya oleh orang lain, maka jangan khawatir kamu tidak mendapatkan atribusi. Pasalnya, semua video yang dikutip dan di-Stitch akan mendapatkan atribusi berupa credit link langsung menuju video aslinya yang berada di caption video hasil Stitch.

Cara Stitch Video TikTok

Untuk menggunakan fitur Stitch di video TikTok, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat kamu dan cari video yang ingin kamu Stitch.
  2. Klik tombol Bagikan atau tanda panah yang berada di sebelah kanan layar.
    klik bagikan video TikTok
  3. Klik opsi Stitch.
    klik opsi stitch
  4. Pilih bagian video mana yang ingin kamu Stitch, maksimal durasi video yang bisa di-Stitch adalah 5 detik. Jika sudah, klik tombol Berikutnya.
  5. Sekarang rekam video kamu untuk menggabungkannya dengan rekaman yang akan di-Stitch tadi. Saat proses perekaman berlangsung, di bagian atas layar kamu akan melihat garis biru dan pink. Garis biru adalah video yang kamu Stitch sementara garis pink adalah video yang sedang kamu rekam sekarang.
  6. Selanjutnya kamu tinggal menambahkan teks, musik, filter, atau efek lainnya. Maksimalkan kreativitasmu menggunakan tools editing TikTok yang tersedia. Klik tombol Berikutnya kalau sudah selesai.
  7. Tulis caption dan atur pengaturan video. Jika sudah siap, klik tombol Posting untuk mengunggah video Stitch.

Hasil video Stitch secara keseluruhan akan nampak seperti dua video yang digabungkan. Pada akhirnya, video Stitch yang kamu buat akan sama seperti video TikTok lainnya yang juga bisa dibagikan, masuk FYP, berpotensi viral.

Cara Mengatur Izin Stitch Video TikTok

Secara default, semua video TikTok kamu bisa di-Stitch oleh pengguna lain. Hal ini bisa membuka peluang konten kamu dijangkau dan dikolaborasikan oleh jutaan pengguna lainnya.

Akan tetapi, kalau kamu tidak nyaman dengan hal ini, kamu bisa mematikan izin orang lain untuk Stitch video kamu. Ada dua cara untuk melakukan ini, cara yang pertama adalah melalui menu Pengaturan dan Privasi, sementara cara kedua adalah melalui pengaturan privasi sesaat sebelum kamu memposting setiap video.

Berikut selengkapnya.

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Buka profil kamu dan klik menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Masuk ke menu Privasi.
    buka pengaturan privasi TikTok
  4. Masuk ke menu Stitch.
    buka menu stitch
  5. Dan pada bagian Siapa saja yang dapat melakukan Stitch dengan video Anda pilih Teman atau Hanya saya.

Kemudian apabila ingin ingin menonaktifkan Stitch hanya pada video-video tertentu, sesaat sebelum memposting videonya, nonaktifkan opsi Izinkan Stitch.

izinkan stitch

Hadirnya fitur Stitch ini diprediksi akan mampu menginspirasi dan membawa tren baru. Bukan tidak mungkin nantinya Stitch digunakan untuk mengutip video viral dan digunakan untuk membuat meme berbentuk video TikTok.

Nah itulah pembahasan lengkap seputar cara Stitch video TikTok dan cara mengatur perizinannya. Tertarik mencoba fitur seru TikTok yang satu ini? Atau kamu sudah pernah mencobanya? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya!

Daffa Althof Penggila Teknologi sejak masih kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *