Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Cara Mengatasi Malware Di Android

4 min read

Cara Mengatasi Malware Di Android

Malware atau virus di Android tentu sangat menggangu kita sebagai para pengguna Smarphone. Tentunya malware tersebut menyebabkan berbagai dampak negative yang muncul pada Smartphone.

Dampak tersebut juga bermacam-macam gejalanya, tergantung dengan jenis malware itu sendiri. Contohnya seperti Ransomware yang menyebabkan akses pada perangkat menjadi terbatas.

Ataupun SMS Trojans yang secara diam-diam mengirim SMS ke beberapa nomor premium sehingga menyebabkan tagihan telepon menjadi membengkak.

Namun sayangnya belum banyak yang tau bagaimana cara mengatasi malware tersebut. Oleh karena itu disini kami hadirkan solusinya.

Penyebab Smartphone Android Terserang Malware

Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu apa saja yang dapat menyebabkan Smartphone terserang malware.

Berikut penyebab Smartphone Android terserang malware:

1. Menyambung Ke Jaringan WiFi Yang Tidak Aman

Jaringan WiFi gratis yang berada di tempat umum memang menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh kalangan milenial.

Namun meskipun gratis, jaringan WiFi ini bisa menjadi sangat berbahaya dan merigukan para penggunanya. Jaringan WiFi seperti inilah yang menjadi salah satu penyebab Smartphone terserang malware.

2. Mendownload Aplikasi Berbahaya Dari Sumber Ilegal

Mendownload aplikasi dari sumber ilegal merupakan salah satu solusi ketika kita ingin mendownload suatu aplikasi yang tidak ada di toko resmi seperti Play Store.

Namun hal ini sebenarnya sangat beresiko. Terkadang pada saat kamu mendownload aplikasi dari sumber ilegal, kamu tidak hanya mendownload aplikasi tersebut, tapi juga ikut mendownload virus, malware atau semacamnya.

3. Membuka Email Yang Mencurigakan

Apakah kamu pernah mendapat email yang berisi pesan ataupun link aneh? Jika iya, sebaiknya abaikan saja email tersebut dan jangan pernah menekan link yang terdapat didalamnya.

Pasalnya, jika kamu menekan link tersebut, kamu akan langsung dialihkan ke situs tiruan dan situs itu secara diam-diam akan mendownload malware di Smartphone.

4. Mendapat SMS Atau Voicemail Yang Mencurigakan

Biasanya SMS ataupun Voicemail dikirim dari orang yang berpura-pura menjadi pihak resmi dari suatu perusahaan tertentu.

Tujuan mereka adalah untuk mencari informasi sensitif seperti nama pengguna ataupun detail kartu kredit atau bahkan memasangkan malware pada Smartphone milikmu.

5. Smartphone Memiliki Sistem Operasi Yang Masih Rentan

Selain dari faktor exteral, terkadang malware juga bisa disebabkan faktor internal seperti rentannya sistem operasi. Biasanya hal ini dialami jika kamu telah memodifikasi sistem operasi.

Untuk menghindari itu, disarankan jangan memodifikasi sistem operasi dan jangan lupa untuk selalu mengupdatenya ke versi terbaru.

Ciri-Ciri Smartphone Android Yang Terserang Malware

Nah, tentu sekarang kamu sudah paham apa saja penyebab dari Smartphone yang terserang malware. Namun bagaimana ciri-cirinya? Apakah Smartphone milikmu terserang malware?

Simak beberapa ciri-ciri berikut untuk memastikan apakah Smartphone milikmu terserang malware:

1. Smartphone Menjadi Cepat Panas

Ciri-ciri pertama Smartphone terserang malware adalah suhu pada Smartphone yang menjadi cepat panas.

Hal ini disebabkan karena ada aplikasi ataupun sistem yang berkerja dibelakang layar tanpa sepengetahuanmu.

2. Baterai Menjadi Sangat Boros

Sama seperti ciri sebelumnya, hal ini juga disebabkan karena adanya aplikasi atau sistem yang berkerja di belakang layar. Sistem tersebut terus menyedot baterai pada Smartphone padahal penggunanya sendiri sedang tidak terlalu banyak menggunakan Smartphone.

3. Kuota Atau Pulsa Tersedot dengan Cepat

Ciri lain dari Smartphone yang terserang malware adalah kuota ataupun pulsa yang tersedot dengan cepat diluar pemakaian. Hal ini disebabkan karena virus tersebut membuat sistem mengakses internet dibelakang layar tanpa sepetahuan pengguna.

4. Banyak Muncul Iklan

Jika Smartphone milikmu memunculkan lebih banyak iklan dari biasanya. Mungkin saja Smartphone milikmu terserang oleh malware. Munculnya banyak iklan juga menyebabkan kuota atau pulsa milikmu menjadi sanagat boros.

5. Smartphone Menjadi Lemot

Ciri yang paling sering dialami oleh Smartphone yang terserang malware adalah Smartphone menjadi lemot. Efeknya adalah proses booting yang menjadi lebih lama dari biasanya.

6. Terjadi Ghost Touch

Meskipun jarang terjadi, terkadang serangan malware juga dapat menyebabkan ghost touch. Hal ini bisa saja terjadi jika malware mulai mengendalikan Smartphone.

Oh ya! Tahukah kamu cara mengatasi ghost touch di Android.

Cara Mengatasi Malware Di Android

Nah, tentunya kamu sudah paham dong penyebab dan ciri-ciri dari Smartphone yang terserang malware. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatasi malware di Android:

1. Uninstal Aplikasi Yang Didownload Dari Sumber Ilegal

Nah, solusi paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah menguninstal aplikasi yang pernah kamu download dari sumber ilegal.

Pada Smartphone keluaran baru, kamu hanya perlu menekan selama beberapa detik pada aplikasi yang ingin kamu uninstal. selanjutnya cukup pilih opsi Delete.

2. Hapus Perizinan Aplikasi

Jika solusi pertama masih belum berhasil, kamu dapat menggunakan solusi yang kedua, yaitu menghapus perizinan aplikasi. Jika kamu masih kebingungan, simak turtorial berikut ini:

Step 1: Masuk ke aplikasi pengaturan, dan pilih menu Security.

Pilih menu security

Step 2: Pilih menu Permissions yang terletak di paling atas.

cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus

Step 3: Pilih menu Apps atau geser layar ke kiri.

cara mengatasi hp kena virus

Step 4: Terakhir, kamu hanya perlu memilih aplikasi tersebut, dan hapus perizinannya.

cara menghentikan malware atau virus jahat yang menginfeksi ponsel android

3. Hapus Malware Lewat Safe Mode

Cara mengatasi malware di Android selanjutnya adalah menghapus malware lewat Safe Mode. Jika kamu belum bisa menguninstal atau menghapus perizinannya, kamu dapat melakukan uninstal lewat safe mode.

Cara mengaktifkan safe mode bermacam-macam tergantung dari jenis Smartphone. Yang paling umum adalah dengan menekan tombol power selama 10 detik, lalu kan langsung muncul pilihan untuk mematikan Smartphone, restart, ataupun safe mode.

Namun jika tidak bisa, kamu dapat mengaktifkan mode pesawat agar tidak ad jaringan yang masuk. Jika sudah kamu dapat menguninstal yang menurutmu berbahaya dan terdapat malware.

4. Instal Aplikasi Anti Virus Atau Anti Malware

Dengan menggunakan aplikasi anti virus, kamu dapat mendeteksi serta menghapus berbagai macam jenis virus dan malware yang menyerang Smartphone milikmu.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mencegah virus atau malware menyerang Smartphone milikmu.

Tentunya ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu pilih dan kamu gunakan sebagai aplikasi anti virus. Jika kamu masih kebingungan, berikut aplikasi anti virus terbaik rekomendasi dari kami:

1. Malwarebytes Security

Malwarebytes Security

Rekomendasi pertama kali ini adalah aplikasi Malwarebytes. Aplikasi ini bisa mendeteksi virus atau malware yang menyerang Smartphone dan juga memberi pengamanan pada saat kamu melakukan browsing.

Sayangnya, tidak semua fitur di dalam aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis. Kamu harus membayar biaya berlangganan sebesar $1.49 per bulan atau $11.99 per tahun.

DetailMalwarebytes Security
DeveloperMalwarebytes
Versi Android minimal7.0
Ukuran20 MB
Jumlah download10.000.000 lebih download
Rating4.7

2. SAFE Internet Security & Mobile Antivirus

SAFE Internet Security & Mobile Antivirus

Di urutan kedua, hadir aplikasi besutan dari F-Secure Corporation bernama SAFE Internet Security & Mobile Antivirus.

Menggunakan aplikasi ini, Smartphone milikmu akan menjadi lebih aman dari serangan malware. Selain itu, aplikasi ini juga melindugimu saat melakukan browsing, belanja online, dan juga saat bertransaksi online.

Detail SAFE Internet Security & Mobile Antivirus
DeveloperF-Secure Corporation
Versi Android minimal6.0 atau lebih
Ukuran8,5 MB
Jumlah download1.000.000 lebih download
Rating4.1

3. Kapersky Antivirus

Kapersky Antivirus

Aplikasi antivirus ini sebenarnya sudah cukup populer di kalangan pengguna Smartphone. Aplikasi ini bisa melindungi Smartphone milikmu dari serangan virus, malware, atau bahkan spyware.

Serta aplikasi ini juga masih memiliki fitur lain seperti pengunci aplikasi, serta pelacak perangkat. Namun sayangnya kamu harus membayar biaya berlangganan untuk menggunakan fitur lengkap aplikasi ini.

DetailKapersky Antivirus
DeveloperKapersky Lab Switzerland
Versi Android minimal4.2 atau lebih
Ukuran49 MB
Jumlah download50.000.000 lebih download
Rating4.8

Nah itu lah dia beberapa cara mengatasi malware di Android. Jika kamu masih menemukan masalah saat melakukan turtorial tersebut, jangan sungakn untuk berdiskusi di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *