Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Cara Mengatasi Ghost Touch Android

3 min read

Apakah kamu pernah mengalami layar Smartphone yang bergerak sendiri? Atau ada yang seperti menekan-nekan layar dengan sendirinya? Jika iya, artinya Smartphone milikmu terkena masalah Ghost Touch. Atau malah layar sentuh tidak berfungsi sama sekali?

Ghost Touch menyebabkan Smartphone milikmu membuka berbagai aplikasi dengan sendrinya. Tentunya hal ini akan menyebabkan ram akan cepat penuh dan pastinya akan membuat Smartphone menjadi cepat panas.

Penyebab dari Ghost Touch sebenarnya bermacam-macam, bisa disebabkan oleh hardware ataupun software. Namun dalam banyak kasus, Ghost Touch ini disebabkan oleh masalah hardware yang dalam hal ini tentu saja layar.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah Smartphone tersebut telah benar-benar rusak? Eits, tenang dulu, disini kamu menghadirkan solusi yang tentunya dapat kamu coba sendiri di rumah.

Penyebab Dari Ghost Touch Pada Layar Android

Sebelum masuk ke bagian solusi dari Ghost Touch, alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu apa saja penyebab dari Ghost Touch tersebut.

1. Kondisi Pelindung Layar Yang Kotor Ataupun Basah

Meskipun terdengar sepele, nyatanya kotoran yang terdapat pada pelindung layar dapat berpengaruh ke dalam pengoprasian layar. Selain kotoran, kondisi basah juga bisa saja menjadi salah satu penyebab Ghost Touch.

2. Terdapat Kotoran Atau Air Yang Menyelip Di Bawah Pelindung Layar

Masih soal kotoran, kotoran ataupun air yang menyelip di bawah pelindung layar juga bisa menjadi salah satu penyebab Ghost Touch.

Hal ini bisa terjadi jika tangan yang masih dalam kondisi basah langsung memegang Smartphone. Maka air akan masuk melalui sela-sela pelindung layar terutama jika pelindung layar sudah pecah.

3. Kondisi Layar Yang Sedang Panas

Layar Pada Smartphone tentunya memiliki batas toleransi suhu maksimal agar dapat berjalan secara normal. Tentunya ketika suhu pada layar sudah terlalu tinggi, akan ada beberapa masalah yang muncul salah satunya seperti Ghost Touch tersebut.

4. Kerusakan Pada Layar Smartphone

Dalam banyak kasus, Ghost Touch memang sering disebab kan oleh kerusakan pada layar. Penyebab kerusakan pada layar juga beragam, bisa karena Smartphone yang pernah terjatuh, pernah dihantam benda keras, ataupun pernah terkena air.

5. Kerusakan Pada Baterai

Dalam kasus tertentu, Ghost Touch juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada baterai. Biasanya hal ini juga diikuti gejala lainnya seperti, baterai yang menggelembung, daya yang terkuras lebih cepat, ataupun Smartphone yang tidak dapat diisi daya.

Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android

Gimana? Sudah paham kan apa saja penyebabnya? Nah, jika sudah silahkan simak beberapa solusi yang telah kami hadirkan ini. Berikut cara mengatasi Ghost Touch pada layar Android:

1. Bersihkan Pelindung Layar

Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Android yang paling simpel adalah membersihkan pelindung layar.

Ghost Touch biasanya dapat disebabkan karena terdapat kotoran yang terdapat pada pelindung layar, atau juga bisa disebabkan oleh pelindung layar yang dalam kondisi basah. Jika begitu, kamu cukup membersihkannya saja.

Kamu dapat membersihkan layar menggunakan lap microfiber ataupun lap biasa asalkan tidak membaretkan pelindung layar. Jika cara tersebut belum manjur, kamu juga dapat mengganti pelindung layar, Harganya cukup murah kok!

2. Bersihkan Layar

Selain bisa disebabkan karena kotoran yang terdapat pada pelindung layar, Ghost Touch juga bisa disebab kan oleh kotoran ataupun air yang menyelip dibawah pelindung layar. Kamu cukup membersihkan layar tersebut.

Caranya pun cukup mudah, cukup melepas pelindung layar pada Smartphone milikmu, lalu kamu cukup membersihkan layar tersebut menggunakan lap dan memasang pelindung layar yang baru.

3. Layar Smartphone Panas

Masih di masalah pada layar, terkadang suhu layar yang terlalu tinggi juga menjadi salah satu penyebab Ghost Touch. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengistirahatkan penggunaan Smartphone sejenak hingga suhu pada layar turun.

4. Periksa Charger

Jika gejala Ghost Touch hanya terjadi saat kamu mengisi daya Smartphone, artinya mungkin hanya chargernya saja yang rusak. Kamu cukup membeli charger baru. Saran dari kami, gunakan charger ori bawaan dari pabrik.

5. Baterai Kehabisan Daya

Terkadang, Ghost Touch juga bisa disebabkan oleh baterai yang kehabisan daya. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan Smartphone yang berlebihan ataupun bisa juga karena adanya kerusakan pada baterai. Solusinya adalah segera isi daya Smartphone milikmu.

6. Baterai Rusak

Jika Ghost Touch pada Smartphone milikmu memang disebabkan karena kerusakan pada baterai, solusinya hanya satu, yaitu dengan mengganti baterai Smartphone.

Kamu dapat membawa Smartphone milikmu ke counter terdekat dan minta digantikan baterai. Biayanya memang tidak murah, tapi tentunya tidak semahal membeli Smartpone baru.

7. Atur Ulang Setting Kalibrasi Layar

Jika semua solusi yang telah kami hadirkan sebelumnya belum manjur, maka kamu dapat mecoba solusi ini yaitu mengatur ulang kalibrasi layar. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara Kalibrasi layar:

  1. Masuk ke aplikasi Telepon.
  2. Tekan*#0227#, maka secara otomatis akan dialihkan ke jendela baru.
  3. Pilih opsi Quick Start.
  4. Kemudian layar akan padam sejenak, tidak perlu panik karna memang prosesnya begitu.
  5. Diamkan beberapa menit, apabila telah selesai akan ditandai dengan layar Smartphone yang menyala kembali.
  6. Setelah Smartphone menyala, Diamkan selama 1-2 menit.
  7. Restart atau Reboot Smartphone.
  8. Dan proses kalinrasi telah selesai dilakukan.

Oh ya! Selain mengatur ulang kalibrasi layar, proses tadi juga turut mengatur ulang kalibrasi baterai.

8. Lakukan Factory Reset

Factory Reset merupakan solusi yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah Ghost Touch. Namun perlu diingat bahwa melakukan factory reset berarti menghilangkan seluruh data yang ada di dalam Smartphone.

Sebelum melakukan factory reset, kamu perlu melakukan backup data data terlebih dahulu. Kamu bisa membackup data Smartphone ke dekstop PC ataupun laptop. Jika sudah, berikut cara melakukan factory reset:

Step 1: Buka pengaturan pada Smartphone milikmu.

Step 2: Buka Pengaturan Tambahan atau Additional Settings.

Cara Mengatasi TouchScreen Bergerak Sendiri

Step 3: Pilih Cadangkan Dan Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Cara Menghilangkan Ghost Touch

Step 4: Pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik.

Pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Step 5: Lalu pilih Hapus Semua Data.

Pilih Hapus Semua Data

Step 6: Tunggu hingga proses reset dan booting selesai. Dan Smartphone milikmu telah kembali ke pengaturan pabrik.

9. Mengganti Layar Smartphone

Solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengganti layar Smartphone. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa dari kebanyakan kasus memang masalahnya terdapat pada hardware.

Kamu bisa melakukan penggantian layar di counter HP terdekat. Namun saran dari kami, apabila Smartphone milikmu sudah berumur cukup tua, Alangkah baiknya untuk menggantinya dengan Smartphone baru.

Hal ini dikarenakan biaya untuk mengganti layar cukup mahal, bahkan bisa mencapai setengah harga dari Smartphone itu sendiri saat masih baru. Namun jika kamu masih sayang, Kamu masih dapat mempertahankannya dan mengganti layarnya saja.

Itulah beberapa saran dari kami untuk cara mengatasi masalah Ghot Touch. Jika kamu menemukan kendala, jangan sungkan untuk bediskusi di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.