Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Cara Membuat Status Di WhatsApp

3 min read

Jika membicarakan soal WhatsApp, pasti banyak yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pesan singkat yang satu ini. Bila dibandingkan dengan kompetitornya seperti Line ataupun Telegram, WhatsApp mempunyai keunggulan fitur yaitu fitur Status.

Dahulu, fitur Status WhatsApp hanya mengizinkan pengguna untuk mengupload cuitan dalam bentuk tulisan. Namun fitur ini berkembang dan mengizinkan para pengguna untuk mengupload foto, video, ataupun musik sesuai isi hati. Banyak juga orang yang menggunakan Status untuk mempromosikan sesuatu pada teman-temannya.

Sebenarnya fitur ini mirip dengan Facebook Stories ataupun Instagram Stories. Hanya saja jika pada Instagram dan Facebook ada banyak orang yang dapat melihat Stories tersebut, pada Status WhatsApp hanya orang yang menyimpan kontakmu saja yang dapat melihatnya.

Mungkin banyak dari kamu yang masih kebingungan bagaimana cara membuat Status WhatsApp. Pasalnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Status WhatsApp. Nah, kali ini kami hadirkan tutorial Cara Membuat Status WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, cukup ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini:

Cara Membuat Status WhatsApp

Kurang lebih, ada empat cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membuat Status WhatsApp. Oh ya! Perlu diketahui bahwa durasi video maksimal pada Status WhatsApp hanyalah 30 detik dan Status milikmu juga akan otomatis terhapus setelah 24 jam.

1. Lewat Tab Ikon Kamera

Cara yang paling sederhana untuk membuat Status WhatsApp adalah lewat ikon kamera. Ikon kamera ini berada di bar atas tepatnya di pojok kiri atas di bawat ikon WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak cara membuat Status WhatsApp lewwat tab ikon kamre berikut ini:

Langkah 1: Pertama-tama kamu perlu menekan ikon kamera yang terdapat pada pojok kiri atas.

Klik Ikon Kamera

Langkah 2: Selanjutnya kamu bisa langsung merekam gambar atau pun video dengan menekan tombol yang berada di tengah (tekan sekali untuk foto dan tahan tombol untuk merekam video). 

Cara Membuat Status WatsApp terbaru

Langkah 3: Jika pecahayaan pada foto terasa kurang, kamu dapat menghidupkan flash dengan cara menekan ikon petir di sebelah kiri bawah.

Jika pecahayaan pada foto terasa kurang, kamu dapat menghidupkan flash dengan cara menekan ikon petir di sebelah kiri bawah.

Langkah 4: Kamu juga dapat membalikan kamera untuk mengambil foto selfie dengan cara menekan ikon kamera yang ada di kanan bawah. Tombol itu juga berfungsi untuk membalikan kembali kameramu.

Tekan Ikon Kamera Untuk Membalikan Kamera

Langkah 5: Ada juga pilihan lain yaitu dengan mengambil foto maupun video dari galeri ponsel. Yaitu dengan memilih jejeran foto atau video yang terlihat, kamu juga dapat menggeser layar ke atas untuk melihat secara lebih lengkap.

Pilih Video Atau Foto

Langkah 6: Kamu juga dapat menambahkan beberapa sentuhan pada foto atau video mlikmu. Kamu dapat melakukan crop, menambahkan emote, menambahkan filter, ataupun menambahkan lokasi tempatmu berada.

Beri Sentuhan Pada Foto Atau Videomu Sesuai Selera

Langkah 7: Selanjutnya kamu dapat memberi caption untuk status mu dengan cara mengetikannya di kolom Add a Caption atau Tambah Keterangan.

Beri Caption Pada Status WhatsApp Milikmu

Langkah 8: Jika kamu sudah selesai dan merasa yakin, kamu dapat menekan ikon centang untuk mengupload Status WhastApp.

Klik Ikon Centang Jika Sudah Selesai

2. Lewat Tab Status

Selain dapat digunakan untuk melihat status milik orang lain, tab status juga dapat kamu gunakan untuk membuat status milikmu sendiri. Bahkan disini kamu juga dapat membuat status dalam bentuk tulisan, kamu dapat mencuatkan sesuatu atau membuat promosi disini. Berikut cara membuat status WhatsApp lewat tab status:

Langkah 1: Geser layar ke tab Status.

Geser Layar Ke Tab Status

Langkah 2: Lihat ikon yang ada di pojok kanan bawah, terdapat ikon pensil serta ikon kamera.

Terdapat Ikon Kamera Dan Ikon Pensil

Langkah 3: Jika kamu ingin membuat Status berupa foto ataupun video, maka pilih ikon kamera.

Ikon Kamera Pada Tab Status WhatsApp

Langkah 3.1: Sama seperti sebelumnya, kamu tinggal memilih foto atau video yang akan kamu upload, lalu beri beberapa sentuhan.

Langkah 4: Jika kamu ingin membuat Status berupa cuitan atau tulisan, maka pilih ikon pensil.

Ikon Pensil Pada Tab Status WhatsApp

Langkah 4.1: Disini kamu dapat menulis cuitan isi hatimu, pesan, ataupun mengiklankan sesuatu dalam bentuk tulisan. Kamu hanya perlu menulisnya pada kursor yang berada di tengah layar.

Tulis Seuatu Pada Kursor

Langkah 4.2: Kamu juga dapat mengganti jenis font, mengganti warna background, serta menambahkan emot dengan cara menekan ikon yang terletak di sebelah kiri bawah layar.

Kamu juga dapat mengganti font mengganti warna background dan juga menambahkan emot

Langkah 5: Jika kamu sudah selesai dan merasa yakin, kamu dapat menekan ikon centang (untuk foto atau video), ataupun menekan tanda kirim (untuk tulisan).

Klik Ikon Centang Jika Sudah Selesai
Tekan tanda kirim

3. Lewat Swipe Layar Ke Kanan

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau dalam aplikasi WhatsApp, kamu dapat mengswipe layar ke kanan dan kamu dapat membuat status lewat itu. Sebenarnya cara ini mirip dengan cara yang pertama. Namun jika kamu masih penasaran, berikut cara membuat Status WhatsApp lewat swipe ke kanan:

Langkah 1: Pertama-tama, geser layar ke arah kanan.

Langkah 2: Selanjutnya kamu dapat langsung membuat status disitu, kamu dapat langsung merekam video maupun foto, atau kamu dapat memilih dari pilihan foto maupun video yang tersedia di bawah layar.

Langkah 3: Sama seperti dua cara sebelumnya, kamu dapat terlebih dahulu memberi sentuhan pada statusmu sebelum diupload.

Langkah 4: Terakhir, tekan ikon centang untuk mengupload statusmu.

Baca Juga: Cara Download Status WhatsApp

4. Lewat Galeri

Selain dapat dibuat dari aplikasi WhatsApp itu sendiri, status juga dapat dibuat melalui galeri dari device milikmu. Cara ini tentu merupakan salah satu cara yang paling ampuh, mengingat kamu dapat memilih dan melihat video atau foto mana yang akan kamu upload secara lebih jelas. Berikut cara membuat status WhatsApp lewat galeri:

Langkah 1: Pilih foto ataupun video yang akan kamu jadikan status pada galeri milikmu.

Langkah 2: Klik ikon Share atau Bagikan.

Klik tombol Share

Langkah 3: Pilih bagikan menuju WhatsApp.

Pilih bagikan ke WhatsApp

Langkah 4: Jika sudah memilih WhatsApp, pilih bagikan ke Status Saya

Pilih bagikan ke Status Saya

Langkah 5: Lagi-lagi sama seperti beberapa cara yang telah kami sebutkan sebelumnya, kamu dapat memberi sentuhan terlebih dahulu pada foto atau video milikmu. Namun jika tidak, lewati saja langkah ini.

Langkah 6: Terakhir, klik centang untuk mengupload status.

Nah, seperti itulah kurang lebih 4 cara membuat status di WhatsApp. Gimana? Sudah mencobanya di device milikmu? Hanya dengan beberapa langkah sederhana dan beberapa keterampilan dalam memberi sentuhan pada foto atau video, kamu sudah dapat membuat Status WhatsApp yang keren tentunya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Siapa saja yang dapat melihat Status WhatsApp?

WhatApp pada dasarnya merupakan aplikasi pesan singkat yang berbasi pada kontak yang terdapat pada device. Jadi tentu saja hanya orang yang menyimpan kontakmu dan orang yang kamu simpan kontaknya sajalah yang dapat melihat pembaruan Status WhatsApp milikm

Apakah Video Status WhatsApp dapat berdurasi lebih dari 30 detik?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa durasi maksimal dari Status WhatsApp hanyalah 30 detik. Sebenarnya bisa saja kita membuat Status WhatsApp dengan durasi lebih dari 30 detik, hanya saja video tersebut akan terpotong-potong secara terpisah dengan durasi per potongannya selama 30 detik. Kamu dapat menggunakan aplikasi editing video dan memotong-motong video milikmu sebelum menguploadnya.

Apakah Status WhatsApp dapat disembunyikan?

Tentu saja bisa. Di dalam aplikasi WhatsApp terdapat fitur yang disebut dengan Status Privacy. Dengan menggunakan fitur ini kamu dapat memilih kontak yang tidak kamu inginkan untuk melihat status milikmu.

Farrel Revanza Aku suka teknologi. Kalo suka kamu, akunya gak goodlooking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.